Apakah Wanita Bisa Berlari Saat Haid?

Mengoptimalkan tubuh kita untuk berlari dalam kondisi terbaik membutuhkan banyak perencanaan, memperhatikan setiap detil, dan uji coba. Bagi perempuan, berlari tepat sebelum dan selama periode haid membutuhkan serangkaian aturan lain. Masa haid seringkali menuntut kita untuk mengatur ulang keseluruhan rencana yang telah kita buat, seperti latihan, pemanasan, nutrisi, dan proses pemulihan. Menjengkelkan, memang.

Tubuh tiap wanita berbeda dan masing-masing akan menghadapi problem berlari saat haid dengan cara yang berbeda pula. Tapi ada beberapa hal umum yang mungkin belum terpikirkan oleh kita sebelumnya.

 

Hidrasi

Ketika tubuh kita kehilangan darah, kita juga kehilangan zat besi. Jadi aturan klasiknya adalah kita harus mengkonsumsi lebih banyak makanan yang kaya zat besi, sepertibayam atau daging merah. Kita juga akanng kehilangan banyak cairan, oleh karena itu, kita perlu minum lebih banyak air dari biasanya. Dehidrasi selama menstruasi lumrah terjadi.

 

Pemanasan dan kenakan kostum berlapis

Alasan mengapa kompres air hangat membuat rasa nyeri haid terasa lebih ringan adalah karena suhu inti tubuh (core temperature) yang tinggi membuat sirkulasi menjadi lebih baik (kita juga membutuhkan sirkulasi yang baik untuk meningkatkan aliran darah ke otot). Untuk menerapkannya dalam berlari, pastikan kita melakukan pemanasan. Banyak perempuan yang merasa energinya merosot banyak di saat haid. Jika kita mengalaminya, berlatihlah dengan ringan. Lakukan latihan intensitas tinggi setelah haid selesai.

 

Tetap berlari

Di saat masa menstruasi kita sering merasa tidak fit 100%, bahkan kita mungkin merasa mual atau kunang-kunang. Dan, jika kita rentan terhadap kram, aktifitas sehari-hari terasa tidak mungkin untuk dilakukan. Tapi periode haid membuat produksi estrogen dan progesteron kita sedang berada di titik terendah, yang akan membuat kita berlari lebih baik. Tubuh kita juga sedang dalam situasi yang terbaik untuk mengkonversi karbohidrat menjadi energi. Itulah mengapa kita disarankan untuk tetap berlari jika memungkinkan. Pengecualian untuk aturan ini adalah jika kita benar-benar merasa lemah dan seperti ingin pingsan. Dengarkan signal tubuh dengan baik dan manfaatkan saat ini untukistirahat daripada meningkatkan resiko cedera.

 

Bersiap menghadapi kemungkinan harus berlomba saat haid

Kita juga harus mempersiapkan untuk skenario yang mungkin tak terelakkan bahwa akan ada saatnya lomba tertentu jatuh di hari yang sama saat kita sedang haid. Dengan tetap berlatih di kala menstruasi, kita akan mengetahui persiapaan apa saja yang harus kita lakukan: berapa lama sesi pemanasan yang kita butuhkan, peregangan apa saja yang mungkin dapat meringankan gejala yang muncul, makanan apa yang membuat kita merasa lebih kuat, dan jenis pembalut atau tampon apa yang paling cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.