Manfaat Daging Bagi Kesehatan (Beserta Pantangannya)

Manfaat daging bagi kesehatan tubuh


Daging adalah salah satu sumber makanan bagi makhluk hidup, khususnya bagi hewan berjenis omnivora (pemakan segalanya) termasuk manusia serta karnivora (pemakan daging). Daging berasal dari berbagai jenis hewan maka dari itu daging disebut juga sebagai sumber protein hewani. Masing-masing daging yang umum dikonsumsi manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan, mau tahu apa saja kekurangan dan kelebihan dari daging favorit anda? Berikut daftar manfaat daging yang bisa Anda nikmati serta pantangannya;

 

Manfaat daging ayam

Ayam adalah salah satu hewan yang dagingnya paling umum dikonsumsi sebanyak 52 miliar daging per tahun 2009. Daging ayam yang mudah didapat dimana-mana dan harganya yang terjangkau membuat daging ini menjadi favorit banyak orang. Daging ayam memiliki kandungan protein yang tinggi dan tentunya lebih rendah lemak dibandingkankan jenis daging merah. Selain kandungan protein yang tinggi, daging ayam juga mengandung banyak vitamin dan mineral, aman dikonsumsi bagi penderita tekanan darah dan minim kandungan kolestrol. Sup ayam hangat juga dapat menyembuhkan flu.

 

Dibalik banyak manfaat, daging ayam juga memiliki kekurangannya, salah satunya adalah suntikan hormon (yang biasanya diberikan untuk merangsang pertumbuhan ayam) dan bakteri yang berisiko terhadap kesehatan. Maka dari itu dihimbau untuk segera memasak daging ayam sampai benar-benar matang. Untuk pilihan yang lebih sehat kita juga dapat memilih ayam kampung dibandingkan dengan ayam pedaging/ broiler.  Selain itu, kulit ayam dan jeroannya juga harus dihindari guna menghindari kolesterol tinggi.

Manfaat daging bebek

Dengan jumlah konsumsi sebanyak 2,6 miliar ekor per tahun 2009, daging bebek sukses menempatkan dirinya di posisi kedua sebagai daging paling populer untuk dikonsumsi. Beberapa orang mengatakan bahwa bebek memiliki rasa yang lembut dan lebih berlemak daripada daging ayam serta lebih tipis. Umumnya masyarakat Indonesia megkonsumsi bebek dengan cara digoreng, dibakar, diungkep atau bahkan dipresto.

Tidak salah bila kita lebih memilih konsumsi daging bebek, daging bebek dapat melembabkan kulit karena kandungan lemaknya dan mencegah anemia karena sarat akan kandungan zat besi serta membantu menghangatkan tubuh.

Namun untuk anda yang menderita asam urat dan kolesterol tinggi, menghindari daging bebek wajib hukumnya. Daging bebek yang tinggi lemak juga tidak boleh dikonsumsi terlalu sering karena dapat menyebabkan tersumbatnya sistem aliran darah. Untuk menetralisir kolesterol dari daging bebek, sebaiknya dikonsumsi bersama sayur mayur yang tinggi serat.

 

Manfaat daging khinzir

Dengan jumlah konsumsi sebanyak 1.3 miliar, khinzir adalah termasuk makanan favorit yang disenangi kebanyakan orang. Konon katanya daging khinzir memiliki rasa manis dan gurih yang lezat. Daging khinzir termasuk kategori daging merah dan umumnya diolah menjadi berbagai jenis kuliner, beberapa diantaranya adalah ham, sosis, dan bacon.

Daging khinzir mengandung lemak yang cukup tinggi, tidak salah untuk dikonsumsi karena tubuh kita juga membutuhkan lemak yang cukup untuk kemudian dirubah menjadi energi. Daging khinzir juga mengandung natrium yang cukup tinggi dan dan dapat menaikkan tekanan darah sehingga baik untuk penderita darah rendah.

Namun dibalik kelezatan daging khinzir, resiko kolestrol tinggi, bahaya cacing, serta berbagai virus lainnya siap mengancam kesehatan anda. Maka dari itu bila ingin mengkonsumsi daging khinzir lebih baik dimasak hingga benar-benar matang secara sempurna.

Manfaat daging kambing 

Daging kambing menduduki posisi keempat dengan jumlah konsumsi sebanyak 398 juta ekor sepanjang tahun 2009. Daging kambing cenderung memiliki bau khas atau ‘prengus’ kata orang Jawa. Teksturnya lembut dan gurih. Mitos yang beredar di masyarakat menunjukkan bahwa daging kambing yang cenderung ‘panas’ dapat berdampak positif bagi vitalitas pria.

Daging kambing mengandung protein yang cukup besar bila dibandingkan dengan daging yang lainnya. Seperti yang kita tahu, protein adalah suatu komponen kunci untuk pembentukan otot. Rutin mengkonsumsi daging kambing juga baik untuk penderita anemia atau darah rendah, pasalnya daging kambing memiliki kandungan zat besi yang cukup. Daging kambing juga mempunyai kandungan vitamin B12 yang cukup banyak untuk menjaga kesehatan saraf tubuh manusia. Lagipula, daging kambing juga lezat dikonsumsi dan cenderung lebih rendah lemak.

Hindari daging kambing bila memiliki tekanan darah tinggi ataupun kolesterol, seperti yang dikatakan diatas, konsumsi rutin daging kambing (bagi yang memiliki tekanan darah normal) hanya akan menambah tinggi tekanan darah. Resiko penyakit anthrax juga kerap membayangi apabila mengkonsumsi daging kambing dengan pengolahan yang kurang sempurna.

Manfaat daging sapi

293 juta ekor daging sapi umum dikonsumsi sepanjang tahun 2009, daging sapi ini termasuk dalam golongan daging merah yang populer di masyakarat. Meskipun harganya sedikit lebih tinggi daripada daging ayam, rupanya para penikmat daging ini sama sekali tidak berkurang. Masakan berbahan dasar daging ini sering diolah menjadi berbagai masakan seperti sate, gulai ataupun sop.

Daging sapi memiliki kandungan vitamin dan mineral, salah satunya adalah vitamin B kompleks, zat besi dan lemak. Daging sapi berguna untuk menghasilkan energi, menjaga sistem kekebalan tubuh, sumber energi, dan mencegah anemia.

 

Namun bagi penikmat daging sapi dihimbau untuk membatasi konsumsi daging sapi. Berhubung daging sapi termasuk dalam golongan daging merah maka bagi mereka yang bermasalah dengan kolesterol harus membatasi bahkan mengurangi konsumsi daging merah.

 

Exit mobile version